Tips Untuk belajar Sebelum UAS, Dijamin Nilai Bagus!

Sebentar lagi anak kuliahan akan menjalani musin ujian. Musim ini memang selalu membuat hati berdebar-debar karena takut jika tak bisa mengerjakan soal dan mendapat nilai jelek.

Memang, mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian bukan hanya tentang belajar dan belajar saja. Melainkan, ada mental yang juga harus siap.

Nah, untuk mengurangi rasa gelisah kalian, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi rasa gelisah kalian. Yuk disimak.

1.Cari Tahu dan Minta Bantuan

Sebelum ujian, ada baiknya kalian mencari tahu dulu seperti apa bentuk ujian yang akan kalian jalani. Apakah ujian tersebut essay, pilihan ganda, open book, atau take home?

Lalu, ketahui pula berapa bobot setiap soal yang diberikan nantinya. Dan apakah ada pilihan untuk cara mengerjakannya di setiap nomor atau tidak.

Ketahui juga berapa lama waktu yang diberikan untuk menjawab soal ujian kalian nanti. Setelah tahu semua informasi ini, kalian pasti akan lebih mudah belajar dan mengingat.

Apalagi jika tipe soal yang diberikan adalah take home atau open book. Kalian hanya perlu mengingat dimana letak poin-poin di buku kalian agar waktu kalian tak banyak terbuang.

Selain itu, jangan menyendiri dan tidak mengetahui info-info apapun mengenai pelaksanaan ujian nanti. Jangan sungkan untuk meminta bantuan ke teman-teman di kelas dan belajar bersama kalian.

Atau, kalian juga bileh meminta bantuan ke dosen yang bersangkutan. Jangan takut karena mereka pasti akan membantu kalian dengan senang hati.

Karena, kebanyakan dosen memang suka dengan anak yang memiliki niat belajar apalagi sampai berani bertanya langsung dan belajar dengan mereka.

2.Buat Ringkasan dan Review

Sebelum pusing karena mempelajari samua tulisan yang ada di buku, ada baiknya kalian membuat sebuah ringkasan untuk memfilter mana informasi yang kalian butuhkan dan mana yang kira-kira akan keluar di ujian.

Karena, tidak mungkin kalian akan menghafal satu buku dalam waktu yang singkat. Setelah menyortir semua materi, kalian bisa membuat ringkasan agar kegiatan belajar kalian menjadi lebih mudah.

Catat dan tulis materi yang ada di buku sesuai dengan Bahasa kalian. Dengan begitu, otak juga akan lebih mudah mengingat apa yang telah kalian tulis.

Tulis juga dalam catatan kecil agar kalian lebih mudah memahaminya dan bisa kalian bawa kemana saja untuk di review. Pastikan juga jangan sampai ada yang tertinggal dan ada poin penting yang tak ditulis.

Setelah membuat catatan, kalian boleh meminta teman kalian untuk melihat ringkasan yang kalian buat. Komentar dari mereka mungkin bisa menjadi koreksi kalian.

Misalnya ada poin yang tertinggal atau ada kalimat yang kurang mudah dipahami, kalian bisa menggantinya langsung.

Hal ini bisa sekaligus menjadi momen untuk kalian belajar bersama dengan mereka juga nantinya. Belajar jadi lebih menyenangkan bukan?

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum melaksanakan ujian. Yang terpenting juga, jangan lupa untuk belajar dengan tekun dan berdoa agar kalian diberikan kemudahan olehnya.

Selain itu, jangan terlalu memaksakan diri dalam belajar karena tubuh kalian juga membutuhkan istirahat. Akan percuma jika kalian sudah belajar keras namun kalian sakit di hari ujian.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, terutama untuk kalian yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian atau UAS nanti. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *