3 Tips Belajar dan Mempersiapkan Tes TOEFL

TOEFL atau yang bisa dipanggil dengan IELTS merupakan sebuah tes bahasa Inggris yang sangat diperlukan jika kalian ingin belajar ke luar negeri untuk mengukur kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris.

Tes ini dibagi menjadi 3 janis yaitu PBT (Paper-based Test), CBT (Computer-based Test), dan IBT (Internet-based Test).

Dariketiga ini, PBT dan IBT yang paling sering digunakan dalam tes seleksi studi di luar negeri. Skor TOEFL maksimal atau paling tidak mendekati bisa menjadi harapan kalian untuk belajar di luar negeri.

Kalian bisa mencapai harapan ini juga kalian memiliki TOEFL Preparation yang mantap atau setidaknya cukup baik.

1.Luangkan Minimal 2 Jam Sehari dan Kumpulkan Latihan Soal

Luangkan Minimal 2 Jam Sehari dan Kumpulkan Latihan Soal

Meluangkan waktu sebanyak 2 jam sehari mungkin kedengarannya sulit. Apalagi untuk kalian yang sudah bekerja sambil sekolah atau sambil kuliah.

Pasti waktumu sudah habis dan tenagamu juga sudah terkuras di pagi sampai sore hari. Namun, dalam seminggu sebisa mungkin bagilan jadwalmu.

Cukup bagikan jadwal per 2 hari untuk listening, Reading, dan Structure atau Grammar. Di hari ketujuh, kalian bisa melakukan scoring untuk evaluasi. 

Selain itu, jika kalian belum aktif mengikuti kelas kursus TOEFL Preparation, jangan khawatir karena kalian bisa memilih sumber belajar yang sesuai dengan kenyamanan kalian.

Bisa dari buku latihan soal TOEFL pinjaman atau beli sendiri, atau dari website online yang menyediakan soal latihan secara gratis. Semakin sering kalian berlatih, maka mengerjakan TOEFL akan semakin mudah bagi kalian nantinya.

2.Perbanyak Vocabulary san Pelajari Kelas Kata Dasar

Perbanyak Vocabulary san Pelajari Kelas Kata Dasar

Mungkin kalian sering mendengar pertanyaan “Dari mana saya harus mulai?” untuk memperkaya vocab.

Sebenarnya, kalian tak perlu membayangkan cara pelik yang justru akan membatasi. Kalian bisa mulai dari contoh soal Reading TOEFL.

Berlatihlah untuk menerjemahkan passages sehingga kalian bisa memperkaya vocab sekaligus memahami artinya, bukan hanya sekedar menghafal.

Mempelajari kelas kata atau part of speech bahasa Inggris seperti verb, adverb, noun, dan sebagainya bisa membantu kalian memperlancar saat mengerjakan soal structure.

Sekarang ini kalian juga bisa searching mengenai sumber online yang menyediakan materi mengenai structure.

3.Noton Film / Dengar Lagu Inggris

Noton Film / Dengar Lagu Inggris

Nonton film dan mendengarkan lagu merupakan dua aktivitas santai yang sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, menonton film dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris ternyata bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu loh.

Kalian bisa menyimak conversation dalam film berbahasa Inggris yang merupakan cara penyampaian soal Listening.

Jika daya konsentrasimu cukup bagus, cobalah untuk mencatat lirik sebuah lagu selagi lagunya diputar atau mendengarkan e book.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mempersiapkan tes TOEFL kalian. Tentu saja tips diatas tetap harus kalian imbangi dengan disiplin.

Karena, jika kalian tidak disiplin dan tidak belajar dengan tekun, semuanya akan percuma saja dan tak akan membantu kalian sama sekali.

Atau, kalian juga bolehg mengikuti kelas TOEFL Preparation untuk menyemangati kalian dalam segi lain.

Karena, mengikuti kursus juga memaksa kita untuk berbicara dengan orang lain dan bertemu dengan teman-teman yang sama-sama sedang belajar.

Jangan lupa juga untuk berdoa dan belajar sebelum memulai tes kalian nantinya ya. semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama untuk kalian yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Tes TOEFL dengan nilai yang bagus.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *