4 Cara Menyampaikan Presentasi Dengan Baik

Efektifnya sebuah presentasi sangat ditentukan oleh kemampuan si presenter dalam menyampaikannya kepada para audiens.

Tentu saja tiap presenter juga memiliki gayanya masing-masing yang bisa mempengaruhi cara mereka menyampaikan presentasi.

Selain itu, tema presentasi juga bisa menjadi hal yang harus diperhatikan. Cara penyampaian presentasi tak sesuai dengan tema presentasi bisa mempengaruhi efektif atau tidaknya presentasi tersebut.

Cara Menyampaikan Presentasi Dengan Baik

Cara Menyampaikan Presentasi Dengan Baik

Nah, untuk membantu kalian, di bawah ini kami akan memberikan berbagai cara untuk menyampaikan presentasi dengan baik dan efektif.

Cara ini juga tidak memandang bagaimana kalian berbicara di depan umum maupun berkaitan dengan tema apa yang akan kalian bawakan.

1.Tunjukkan Passion Kalian

Tunjukkan Passion Kalian

Saat menyampaikan presentasi, tunjukkan passion kalian kepada audiens. Tunjukan pula jika kalian sedang antusias dan sangat bersemangat membawakan tema presentasi tersebut.

Memang, kalian harus membuat materi presentasi yang menarik. Namun, jika kalian ragu-ragu saat menyampaikannya, maka hal tersebut bisa membuat kalian terlihat tidak kompeten.

Atau, jika kalian membuat materi yang bagus namun terlihat malas-malasan saat menyampaikannya, maka paudiens juga bisa menjasi malas mendengarkan kalian.

Passion bisa ditunjukkan dengan rasa percaya diri. Saat kalian merasa percaya diri saat menyampaikan materi, hal ini akan sangat berpengaruh kepada audiens.

Rasa percaya diri juga akan membuat kalian lebih bersemangat. Audiens juga akan bersemangat saat mendengarkan kalian.

2.Mulailah Dengan Pembukaan Presentasi Yang Memukau

Mulailah Dengan Pembukaan Presentasi Yang Memukau

Kesan pertama akan sangat menentukan. Itulah yang selama ini sering kita dengar. Saat presentasi, kesan pertama itu akan ditunjukkan saat kalian membuka presentasi tersebut.

Dua sampai tiga menit pertama akan menetukan apakah audiens akan antusias mendengarkannya sampai selesai atau tidak.

Jika audiens mau mendengarkan dengan semangat, ditambah melakukan tindakan yang diharapkan, artinya presentasi tersebut efektif.

Ada banyak presentasi yang gagal menjadi sebuah presentasi yang efektif karena presenter tak bisa menyampaikan pembukaan presentasi yang menarik.

3.Sampaikan Dengan Singkat dan Lugas

Sampaikan Dengan Singkat dan Lugas

Kalian tentu malas jika harus mendengarkan orang yang berbicara dengan bertele-tele. Demikian juga para audiens.

Jika presenternya bertele-tele saat menyampaikan presentasi, maka mereka juga akan bosan. Presentasi pun tidak akan efektif.

Jadi, sampaikan saja poin-poin yang peling penting dari tema presentasi yang kalian bawakan. Fokuslah pada pembukaan dan penutupan presentasi karena bagian itulah yang paling akan diingat oleh para audiens.

Singkat tidaknya presentasi bukan hanya dilihat dari lama atau tidaknya kalian berbicara namun juga dari materi pendukung presentasi yang kalian sajikan.

Usahakan agar kalian tidak membuat slide yang isinya membosankan dan malah membuta audiens bingung serta salah focus.

Slide presentasi juga harus dibuat sesimpel mungkin agar menarik dan bisa dipahami oleh para audiens.

4.Bersikap Rileks

Bersikap Rileks

Saat menyampaikan presentasi, sebaiknya kalian tidak hanya berdiri diam di atas panggung. Kalian bisa sambil berjalan-jalan di atas panggung, bahkan sesekali mendekat kepada audiens.

Dengan begitu, maka kalian tak akan membuat batas antara kalian sebagai presenter dengan para audiens.

Para audiens akan merasa lebih dekat dengan kalian. Jika audiens merasa dekat dengan di presenter, maka mereka akan lebih mempercayainya.

Itulah 4 tips untuk membawakan presentasi dengan baik. Ingatlah untuk tetap rileks dan focus serta sesekali lakukan kontak mata dengan audiens. Hal ini akan semakin membuat kalian dipercaya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *