Kekuatan dan Kelemahan Diri

Mau Wawancara? Ketahui Beberapa Kekuatan dan Kelemahan Diri Yang Baik

Saat akan menghadapi sebuah wawancara kerja, ada baiknya kita membuat daftar apa saja kelebihan dan kekurangan sendiri terlebih dulu.

Pastikan juga bahwa kelebihan yang kalian tulis bisa langsuhng digunakan di dunia kerja. Selain itu, pastikan juga bahwa kekurangan yang kalian tulis adalah kekurangan yang tak membawa pengaruh signifikan terhadap performa kalian saat bekerja.

Kekuatan dan kelemahan diri kalian juga akan menjadi nilai yang sangat mempengaruhi penilaian perusahaan untuk menerima kalian atau tidak.

Kekuatan dan Kelemahan Diri yang Umum

Kekuatan dan Kelemahan Diri

Kalian juga bisa menambahkan beberapa pengalaman yang pernah kalian alami sebelumnya saat menjawab pertanyaan mengenai kekuatan diri dan kelemahan diri.

Nah, apa saja sih jawaban yang bisa kalian berikan mengenai kelebihan dan kekurangan diri sendiri saat wawancara bekerja? Kalian bisa melihat contoh berikut ini.

1.Kekuatan Diri

Kekuatan dan Kelemahan Diri
  • Percaya diri

Percaya diri namun tetap pastikan bahwa kamu tidak merasa arogan dan berlebihan saat menjawab. Cukup beri keyakinan atas hasil kerjamu dan saat mengambil keputusan.

  • Komitmen tinggi terhadap pekerjaan

Pastikan kamu tidak melebih-lebihkan yang tak sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa menjawabnya seperti kamu selalu bangga dan memiliki pandangan pisitif terhadap perusahaan tempatmu bekerja serta memiliki focus tinggi saat bekerja.

  • Penuh semangat

Kamu bisa menunjukkannya melalui jawabanmu yang selalu bisa menemukan sisi positif di setiap pekerjaan sehingga selalu merasa bahagia.

  • Rapi

Kalian bisa menjawabnya dengan kalian bekerja sesuai dengan tata urutan dan tidak melewatkan satu pun detail pekerjaan.

  • Kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang baik bisa membuat hubungan kerja yang baik sehingga koordinasi juga akan berjalan baik. Tunjukkan bahwa kamu tidak berbicara secara bertele-tele, lugas, serta mudah dimengerti.

  • Kemampuan interpersonal yang baik

Kamu bisa menjawabnya dengan kamu merupakan pendengar yang baik atau bisa bernegosiasi dengan baik.

  • Dapat bekerja dalam tim

Walaupun suka bekerja senidir, kamu harus bisa menjawabnya dengan pengalamanmu ketika sedang mengorganisir suatu acara di kampus bersama teman-teman.

  • Pribadi yang menyenangkan

Menyenangkan artinya kalian bisa diterima oleh orang-orang di sekitarmu dan banyak disukai oleh orang lain.

  • Senang belajar hal-hal baru

Kamu juga bisa menjawan bahwa kamu suka belajar hal baru di tempat baru dan merasa tertantang serta ingin berusaha menguasai hal tersebut.

  • Punya passion di bidang pekerjaan

Passion disini artinya kamu bisa menikmati pekerjaanmu dan membawa pikiran positif untukmu.

2.Kekurangan Diri

Kekuatan dan Kelemahan Diri
  • Belum memiliki banyak pengalaman

Jika kalian belum memiliki banyak pengalaman, kalian harus bisa memperlihatkan ketertarikan atas pekerjaan yang kalian lamar. Jabarkan langkah yang sudah kalian ambil untuk menunjang karir kalian.

  • Tidak menguasai bidang tertentu yang tidak berkaitan

Jika kalian bekerja di bidang yang tak berkaitan dengan angka dan statistic, kalian bisa bilang bahwa kalian lemah di bidang matematika. Kalian juga bisa menambahkannya dengan jawaban bahwa kalian sedang berusaha mengatasi kelemahan ini.

  • Tidak sabaran

Jika kalian tak sabaran, kalian bisa menambahkan jawaban dengan bilang bahwa kalian ingin pekerjaan tersebut cepat selesai.

  • Focus berlebihan pada detail

Sifat satu ini terkadang bisa menjadi deskripsi diri kekuatan dan kelemahan yang  menguntungkan atau merugikan. Karena itulah ini bisa menjadi pertimbangan bagi si pewawancara.

  • Tidak bisa membagi pekerjaan kepada orang lain

Kamu mungkin akan terlihat hebat karena serba cekatan saat mengerjakan suatu pekerjaan sendirian. Namun hal ini akan membuatmu sulit naik pangkat. Atasi hal ini dengan menjawab bahwa kamu sedang berusaha untuk lebih percaya terhadap orang lain.

  • Kurang bisa mempercayai orang lain

Kamu bisa mengatakan bahwa sifat ini hanya berlaku pada orang-orang yang tidak kamu kenal agar tak tersampaikan secara negative.

Itulah contoh kekuatan dan kelemahan diri yang bisa kalian sebutkan saat wawancara kerja nanti. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *