3 Cara Menghadapi Kritikan Supaya Tidak Takut

Siapa sih yang bilang kalau di kritik itu enak. Di kritik mungkin merupakan salah satu hal yang paling kita hindari.

Baik di kantor, sekolah, maupun rumah, pasti kebanyakan dari kita tidak suka dikritik. Memang, mendapatkan kritikan terkadang bisa menyakiti hati kita.

Karena itulah, tak banyak orang yang bisa menerima kritikan dengan mudah. Mungkin kalian salah satunya.

Menanggapi kritikan memang sulit, namun juga kita mau belajar, maka hal ini malah bisa menjadi hal baik untuk kita.

Apalagi jika kita bisa terbuka dengan segala feedback yang diberikan, pasti kalian juga akan mengembangkan komunikasi di dalam hubungan dengan orang lain.

Nah, jika kalian termasuk ked alam kategori orang yang tak bisa menerima kritikan, di bawah ini kami akan memberikan beberapa cara untuk menghadapinya supaya kalian tidak sakit hati.

1.Jangan Dianggap Sebagai Serangan Pribadi dan Pikirkan Secara Positif

Jangan Dianggap Sebagai Serangan Pribadi dan Pikirkan Secara Positif

Setiap orang pasti akan menghadapi kritik yang terkadang bersifat subyektif. Karena itulah, bersikaplah tenang sedikit saat kalian di kritik.

Kalian juga tak perlu terlalu menganggapnya sebagai serangan pribadi, ada riset yang menunjukkan bahwa reaksi emosional terhadap kritik selalu dianggap negative, entah kritik tersebut benar atau tidak.

Hal ini terjadi karena kita merupakan makhluk yang emosional yang dijerat oleh lingkungannya untuk berpikiran negative terhadap kritik.

Kepercayaan diri selalu dianggap baik, dan kerja keras saja seharusnya membuat kita maju. Pemikiran inilah yang membuat kita menolak untuk berubah.

Jika kalian selalu memandang kritik sebagai sesuatu yang negative dan kalian langsung tersinggung, kecewa, atau bertahan dengan argumentasi kalian. Kalian akan menjadi orang yang kalah.

Mulailah untuk berpikir mengenai kritik itu secara positif, misalnya, kritik itu memang kalian butuhkan karena sering kali memberikan ide-ide yang tak terduga.

Suatu pendekatan baru mengenai sebuah masalah tentu sangat dibutuhkan untuk menemukan jalan keluar, terutama di dalam bisnis.

Perusahaan yang ingin mempertimbangkan opini karyawan akan bereaksi lebih cepat dan lebih fleksibel untuk berubah dan menjadi sukses.

Kritik juga bisa mengurangi kecenderungan orang untuk selalu merasa benar. Pikiran yang positif bisa membantu kalian mempraktikkan sikap tenang. Jika reaksi kalian emosional, hal tersebut hanya akan menguras energy kalian saja.

2.Bongkar Kritik Tersebut

Bongkar Kritik Tersebut

Membongkar kritik dapat dilakukan dengan 4 langkah, yang pertama dengarkan baik-baik, lalu caru penjelasannya, temukan maksudnya, dan cari tahu kebenarannya.

Saat mendengarkan, kalian tak perlu membantah atau menyangkal. Pahami kritik tersebut sehingga kalian bisa menganalisis diri sendiri.

Mintalah penjelasan dari pemberi kritik dengan melontarkan pertanyaan yang ditujukan untuk mengubah komentar yang terkesan mengeneralisasi menjadi spesifik.

Misalnya, jika kalian dibilang tidak tegas, tanyakan perilaku mana yang membuatnya berpikir bahwa kalian tidak tegas.

Ketahui apakah hal ini merupakan sebuah serangan atau kritik membangun. Lalu, temukan bagian mana dari kritik yang bisa membantu kalian berkembang.

3.Pahami Kritik Tersebut

Pahami Kritik Tersebut

Kalian perlu memahami mengapa kalian menerima kritik. Siapa yang memberikan kritik tersebut, apakah ia cukup qualified?

Apakah mereka cukup berpendidikan dan berpengalaman untuk membuat argumentasi semacam itu? Jika iya, maka dengarkan kritik tersebut dengan serius.

Jika tidak, tetap pertimbangkan dengan berfokus pada hal yang spesifik. Walaupun tidak memenuhi syarat, orang lain maish bisa membuat penilaian dengan baik.

Tentukan pula apa motif di balik kritik tersebut. apakah motifnya baik karena peduli, atau buruk karena iri hati dan kekanak-kanakan? Jika kurang baik, keluarlah dari situasi tersebut.

Itulah 3 hal yang bisa kalian lakukan untuk menghadapi kritik dari orang lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *