Bimbingan Konseling

Mau Bimbingan Konseling? Yuk Ketahui Dulu Tujuannya

Bimbingan dan konseling merupakan terjemahan dari istilah guidance dan counselling dalam bahasa inggris. Guidance sendiri memiliki arti membimbing, menunjukkan, membantu, atau menuntun.

Maka, bimbingan bisa diartikan sebagai bantuan maupun tuntutan, namun tak semua bantuan bisa diartikan sebagai bimbingan.

Bimbingan sama dengan pemberian bantuan kepada seseorang yang membutuhkan bantuan untuk membantunya mengatasi masalah atau mengungkapkan kemampuan yang ia miliki. Bimbingan ini biasanya diberikan oleh seorang ahli di bidangnya kepada orang yang membutuhkan bimbingan.

Selain itu, Bimbingan juga bisa diberikan kepada seorang individu / sekumpulan individu yang biasa disebut konseling individu.

Sedangkan konseling merupakan hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antara dua orang dimana seorang konselor memiliki hubungan itu dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya.

Dalam hal ini, konseli akan dibantu untuk memahami dirinya sendiri, keadaannya sekarang, dan keadaannya di masa depan yang dapat ia ciptakan sendiri dengan menggunakan potensi miliknya.

Dengan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling adalah serangkaian kegiatan berupa bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli pada konseling dengan cara tatap muka, baik secara individu maupun beberapa orang dengan memberikan pengetahuan tambahan untuk mengatasi permasalahan yang dialami dengan sistematis.

Yuk Ketahui Lebih Dalam Mengenai Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling

Layanan bimbingan konseling bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai makhluk sosial, tuhan, dan pribadi.

Tujuan bimbingan konseling adalah membantu individu mencapai:

  • Kebahagian hidup pribadi sebagai makhluk tuhan
  • Kehidupan  yang  produktif  dan  efektif  dalam  masyarakat
  • Hidup  bersama dengan individu-individu lain
  • Harmoni antara cita-cita mereka dengan kemampuan yang dimilikinya
bimbingan konseling

Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka harus mendapatkan kesempatan untuk:

  • Mengenal dan memahami potensi, kekuatan, serta tugas-tugas perkembangannya
  • Memahami dan mengatasi kesulitan-kesulitan sendiri
  • Mengenal dan memahami potensi / peluang yang ada di lingkungannya
  • Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan dirinya, kepentingan lembaga tempat kerja dan masyarakat
  • Mengenal dan menentukan tujuan serta rencana hidupnya / rencana pencapaian tujuan tersebut
  • Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tuntutan dari lingkungannya
  • Menggunakan segala potensi dan kekuatan yang dimilikinya secara tepat dan teratur secara optimal

Secara khusus, BK bertujuan untuk membantu peserta didik agar bisa mencapai tujuan serta perkembangan yang meliputi aspek pribadi, akademik, sosial, dan karir.

Tujuannyanya adalah untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan BK di sekolah, karena dengan adanya tujuan bimbingan dan konseling, maka pelaksanaan BK di sekolah akan benar-benar memberikan hasil yang positif bagi konseli.

BK juga akan diminati oleh para konseli sebagai sasaran layanan karena dalam tujuannya telah dijelaskan apa yang menjadi targetnya.

Prinsip bimbingan dan konseling berasal dari konsep filosofis mengenai kemanusiaan yang menjadi dasar pemberi layanan bantuan.

bimbingan konseling

Ada 4 prinsip bimbingan dan konseling, yaitu:

  • Prinsip berkenaan dengan sasaran layanan
  • Berkenaan dengan permasalahan individu
  • Prinsik yang berkenaan dengan program layanan
  • Berkenaan dengan tujuan dan pelaksanaan pelayanan

Pelayanan BK memang merupakan pekerjaan professional yang sesuai dengan makna uraian mengenai pelanggaran, penyikapan, dan pemahaman konselor terhadap kasus.

Pekerjaan professional itu harus dilaksanakan dengan mengikuti kaidah-kaidah yang menjamin efisien dan efektivitas proses dan lain-lainnya.

Itulah informasi lengkap mengenai bimbingan konseling yang mungkin tak semua orang ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *